5 Tips Ampuh Membersihkan HP Android Dari Virus Dan Malware Secara Total

Tips Mudah Mengatasi HP Android Yang Terkena Virus Atau Malware ~ Mendengar kata virus atau malware tentunya akan membuat siapapun merasa sebal atau jengkel. Bagaimana tidak, dua hal tersebut dapat merugikan siapapun yang terkena, tak hanya pengguna pc atau laptop saja melainkan juga pengguna smartphone.

Berdasarkan kabar yang beredar selama ini, hp berbasis sistem operasi Android merupakan hp yang paling rentan akan serangan virus dan malware karena memakai sistem operasi jenis open source sehingga membuatnya memiliki banyak celah untuk disisipi malware maupun virus.

Apa Saja Tanda Kalau HP Terkena Virus?

Bagi sobat ponselcanggih yang menggunakan hp berbasis Android mungkin perangkat kalian juga rentan terkena virus atau bahkan sudah terjangkiti dan terinfeksi namun tidak sadar klo sudah terkena.

Untuk mengetahui apakah hp Android yang kalian miliki bersih atau sudah terkena virus ataupun malware, silahkan cek beberapa tanda yang dibawah ini. Apakah hp kalian mengalami salah satu atau beberapa tanda yang berikut ini.

  • Baterai hp jadi lebih cepat berkurang dan boros dibandingkan biasanya.
  • Kuota internet jadi lebih cepat habis
  • Saat dinyalakan waktu booting terasa lebih lama dibandingkan biasanya
  • Terkadang suka mengirim ataupun mendapat sms yang aneh atau mencurigakan
  • Seringkali keluar pop-uo ads yang mengganggu dan jelas

Cara Menghilangkan Dan Mengatasi HP Kena Virus Android

Cara-Bersihkan-Virus-Di-HP-Android

Cara Bersihkan Virus Di HP Android

1. Menggunakan Fitur Keamanan Bawaan HP Android

Beberapa vendor smartphone biasanya menyediakan fitur keamanan yang khusus untuk perangkat buatan mereka. Seperti hp Xiaomi dan Asus yang sudah dibekali fitur Mobil dan Security Manager. Fitur ini sangat efektif jika dipadukan dengan antivirus bawaannya sehingga urusan memindai maupun menghapus malware atau virus di hp Android bisa lebih mudah.

2. Menggunakan Antivirus Berbayar

Tak hanya untuk laptop dan pc saja, Antivirus Berbayar yang terkenal seperti AVG, AVira, dan yang lainnya pun juga sudah merambah smartphone. Kalian juga tetap bisa menggunakan versi gratisannya, akan tetapi fitur yang kalian dapatkan tentunya terbatas.

Bagi sobat yang memiliki hp android dengan RAM yang ukurannya besar, sangat disarankan untuk membeli lisensi antivirus berbayar. Pasalnya pengguna hp android dengan kapasitas memory internal dan RAM yang besar cenderung suka mengunduh dan menginstal berbagai file dan aplikasi yang bukan dari Google Play Store.

Hal tersebut yang membuat hp berisiko dimasuki oleh virus ataupun malware. Maka dari itu dengan menggunakan aplikasi Antivirus yang berbayar kita bisa mendapatkan berbagai fitur keamanan yang disediakan sepenuhnya. Sehingga lebih ampuh dan akurat dalam mendeteksi dan membersihkan virus ataupun malware dari hp android kesayangan kita.

3. Masuk Ke Dalam Safe Mode

Menggunakan Antivirus mungkin masih bisa dilakukan oleh sebagian orang yang ingin melindungi hp android kesayangannya dari virus atau malware. Namun terkadang masih banyak yang ragu membayar lisensi untuk mendapatkan full access dari Antivirus tersebut dan lebih memilih menggunakan versi gratisannya saja.

Bagi kalian yang masih ragu untuk menggunakan antivirus berbayar namun ingin mencoba membersihkan malware dari hp android kalian, kami memiliki alternatif lain yang bisa kalian coba yakni dengan masuk ke Safe Mode.

Perlu diketahui sebelumnya bahwa cara ini cuma efektif apabila hp android kalian betul-betul terkena infeksi malware yang tidak pernah diketahui. Untuk cara masuk ke Safe Mode silahkan browsing di Eyang Google, sebab setiap hp android memiliki cara yang berbeda-beda untuk bisa masuk ke dalam Safe Mode.

Baca selengkapnya : 3 Alasan Mengapa Charge HP Di Laptop Itu Berbahaya

Sesudah mengetahui caranya dan berhasil masuk kedalam Safe Mode, langsung saja masuk ke pengaturan atau menu “Setting” kemudian pilih menu “Applications” atau daftar aplikasi di hp android kalian. Disitu silahkan kalian cari aplikasi apa saja yang dirasa mencurigakan yang menurut kalian tidak merasa pernah menginstal aplikasi tersebut sebelumnya. Dan bila sudah langsung saja hapus aplikasi tersebut karena sudah pasti aplikasi mencurigakan tersebut yang menjangkiti hp android kalian sehingga menjadi bermasalah.

Itulah tadi tips mudah mengatasi hp android yang terkena virus atau malware. Semoga saja informasi yang kami berikan dapat membantu sobat semuanya, apalagi kalau hp kesayangan kalian memiliki banyak data penting yang tentunya ingin terus menjaganya agar bisa aman dari infeksi virus ataupun malware. Tuliskan pendapat kalian di kolom komentar jika tips yang kami berikan bermanfaat dan jangan lupa bagikan ke teman yang lain.

sistem advan i5 kena virus, bgaimana cranya mmbenarkn hp merek ZTE blade kena virus