[Jangan Lakukan Ini] 3 Alasan Mengapa Charge HP Di Laptop Itu Berbahaya

Alasan Mengapa Charge HP Di Laptop Berbahaya ~ Smartphone keluaran terbaru saat ini sebagian besar menggunakan port USB sebagai sarana untuk mengisi baterai menggunakan charger bawaan ataupun konektor ke perangkat lain seperti powerbank, komputer atau laptop.

Selain untuk mentransfer file dari smartphone ke laptop atau sebaliknya dan juga memutar media, sebagian orang sering memanfaatkan connector USB untuk mengisi daya smartphone. Apalagi ketika kita sedang malas untuk menggunakan charger bawaan utama, charger utama rusak dalam keadaan terdesak karena power bank rusak atau bahkan memang tidak punya.

Namun tahukah kalian bahwa terlalu sering mengisi baterai ponsel canggih dengan menghubungkannya ke laptop dapat dapat mengakibatkan beberapa hal yang membahayakan?

Ini Dia Alasan Mengapa Ngecas HP Di Laptop Itu Berbahaya!

Resiko-Sering-Cas-HP-Di-Laptop

Resiko Sering Cas HP Di Laptop

1. Rentan Menjadi Korban Pencurian Data

Banyak masyarakat awam yang tidak menyadar bahwa ketika kita menghubungkan smartphone kita ke laptop maka seluruh data-data yang terdapat pada perangkat yang kita miliki akan terbaca dan terekam. Seperti informasi tentang akun sosmed, akun device, email, foto-foto berharga atau bahkan file penting yang lainnya pun akan secara otomatis tersimpan.

Apabila laptop tersebut dengan koneksi internet dan kemudian disusupi oleh hacker melalui file-file yang pernah kita unduh atau pernah mengunjungi situs-situs tertentu hingga laptop yang kalian miliki sudah tertanam virus. Maka data-data dan informasi penting milik smartphone anda yang pernah terhubung ke laptop akan dengan muda dicuri dan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

2. Bisa Membuat Smartphone Rentan Rusak

Perlu sobat ketahui bahwa output daya dari USB Port milik laptop terbilang cukup kecil daripada charger bawaan. Sehingga proses pengisian baterainya yang kurang stabil dapat membuat proses pengisian baterainya terasa lama dari biasanya.

Selain itu, aliran daya yang tidak stabil dari laptop dapat menyebabkan terjadinya kerusakan hardware pada smartphone kesayangan karena device yang kita miliki menjadi sering panas atau baterainya pun menjadi kembung dan cepat rusak.

Tak hanya itu baterai saja, permasalahan tegangan yang tidak stabil diterima oleh smartphone pun kabarnya dapat menjalar dan meneybabkan kerusakan pada hardware lainnya seperti layar atau komponen yang lainnya. Pasti kalian juga tidak mau kan kalau smartphone yang kalian malah bermasalah atau bahkan cepat rusak?

3. Baterai Laptop Rentan Rusak

Keseringan mengisi daya smartphone dengan menghubungkannya ke laptop rupanya dapat menyebabkan kerusakan pada komputer portabel yang kalian miliki. Jadi bukan hanya pada smartphone yang kalian miliki saja dampak resikonya akan tetapi pada laptop pun demikian.

Baca juga : 10 Fungsi Unik Fitur USB OTG Yang Jarang Diketahui Orang Lain

Baterai laptop milik kalian pun rentan mengalami kerusakan jika keseringan dipakai mengisi baterai smartphone. Bisa dikatakan hal tersebut dapat memperpendek usia baterai laptop yang kalian miliki. Bisa repot kan kalau hanya karena hal tersebut kalian harus membeli baterai baru untuk laptop yang harganya cukup mahal.

Jadi, itulah tadi alasan mengapa charge hp di laptop berbahaya tidak hanya untuk device yang sobat miliki melainkan juga dapat berdampak pada laptop yang sering dipakai buat ngecas. Semoga dengan informasi yang telah kami sampaikan ini, kita dapat lebih berhati-hati dan waspada dalam menjaga gadget yang kita miliki agar lebih awet dan tidak mudah rusak.