Cara Shutdown Otomatis pada Komputer Dengan Benar

Cara Shutdown Otomatis pada Komputer – Mendengarkan musik pada laptop tentu sangat mengasyikkan malah terkadang kita sampai lupa waktu dan seakan lupa aktifitas lain, bagi yang memang hobi mendengarkan musik sudah dipastikan jika setiap saat selalu mendengarkan musik sampai-sampai terkadang kita lupa waktu dan pada akhirnya ketiduran dan pas bagung kita masih melihat laptop masih hidup dan masih memainkan musik. Padahal jika kita tahu lebih enak setting laptop mati sendiri atau shut down sendiri, tentu saja dengan begitu saat kita ketiduran tidak buru-buru bangun dan mematikan laptop terlebih dahulu dan tidur lagi, pastinya sangat menganggu tidur kita sendiri.

Untuk urusan shut down secara otomatis selain dapat digunakan seprti yang sudah saya jelaskan diatas tentu ada hal yang lebih penting seperti misalnya saat anda bekerja menggunakan computer akan tetapi saat kita kelelahan sehabis bekerja mengharuskan kita untuk melakukan istirahat atau tidur padahal pada computer masih ada progress yang tidak bisa ditunda dan tidak mungkin juga untuk di batalkan. Pada saat seperti itulah pentingnya sebuah shutdown secara otomatis agar kita bisa meninggalkan progress tersebut dan tidur dengan nyenyak dan secara otomatis pekerjaan kita selesai saat kita sudah bangun tidur.

Cara ShutDown Otomatis pada Komputer

Cara Shutdown Otomatis pada Komputer

Saat ini memang banyak orang disibukkan dengan pekerjaan kantor yang mengharuskan mereka lembur dimalam hari untuk enyelesaikan tugas mereka, akan tetapi untuk masalah ini shut down secara otoatis juga sangat diperlukan jika kita tanpa sengaja tertidur. Maka dari itu banyak sekali orang yang mencari solusi seperti ini dan kali ini kami akan membagikan Cara Shit Down Otomatis pada Komputer agar tidak terjadi hal yang tidak kita inginkan.

Cara ShutDown Otomatis pada Komputer

Menggunakan Task Scheduler

  1. Jika anda menggunakan cara ini anda harus ke menu Control Panel -> Administrative Template dan silahkan cari Task Scheduler jika sudah silahkan di jalankan
  2. Jika jendela Task Scheduler sudah terbuka silahkan klik Create Basic Task pada tab Actions sebelah kanan
  3. Silahkan beri nama task yang akan kita buat, namanya terserah anda misalnya “Mati Otomatis” jika sudah berikan deskripsi jika diperlukan untuk memudahkan anda mengingat jika kita memiliki settingan mati otomatis, jika sudah klik Next
  4. Pada bagian Task Trigger silahkan set Daily dan klik Next
  5. Pada bagian Daily tentukan waktu yang akan kita gunakan untuk melakukan shut down secara otomatis jika sudah klik Next
  6. Untuk bagian Action silahkan pilih Start a Program dan klik Next
  7. Pada dialog Program/Script silahkan isi dengan program Shutdown dengan cara memilih Task Scheduler ke program Shutdown atau anda bisa mengetikkan saja. Sedangkan untuk Path yaitu C:\Windows\System32\shutdown.exe sedangkan untuk bagian Add Arguments silahkan isikan dengan “/s” (tanpa tanda petik) hal ini sebagai perintah shutdown dan klik Next
  8. Untuk bagian selanjutnya kita akan diberi tahu mengenai task yang sudah kita buat tadi, berikut eksekusi dan pastikan semuanya sudah sesuai dengan keinginan kita jika sudah klik Finish
  9. Sedikit jabaran tentang cara diatas, Task Scheduler akan mengeksekusi program yang bernama shutdown.exe pada waktu yang sudah anda setting sebelumnya.
  10. Disini proses sudah selesai, jika anda ingin menghapus anda tinggan pilih task dan ikon Delete yang tersedia pada tab sebelah kanan bawah.

Menggunakan Perintah WScript

Untuk mengaktifkan fungsi shutdown computer anda secara otomatis anda bisa bisa mengetikkan perintah secara langsung pada kotak Run, atau juga anda bisa membuat file .bat melalui CMD. Pada dasarnya metodenya sama saja akan tetapi yang membedakan hanya caranya saja.

  1. Klik Start dan pilih Run
  2. Jika sudah silahkan ketikkan “shutdown -f -s -t 3600” tanpa tanda petik jika sudah silahkan tekan Enter
  3. Untuk membatalkan perintah tersebut anda bisa buka kembali dialog Run dan ketikkan “shutdown -a” tanpa tanda petik
  4. Sedikit keterangan mengenai perintah tersebut, -f adalah perintah untuk memaksa sebuah program yang sedang aktif untuk menutup tanpa konfirmasi terlebih dahulu, sedangkan –t 3600 adalah program shutdown akan di eksekusi pada waktu 3600 detik atau lebih tepatnya satu jam mendatang.

Sangat penting bagi kita yang sering melakukan da mengerjakan tugas di malam hari untuk mengaktifkan atau setting shut down otomatis, karena dengan begitu kita tidur bisa nyenyak dan tugas selesai sesuai yang diharapkan. Bagaimana jika kita tidak setting shut down ini? Hal terburuk bisa saja komputer anda terlalu panas dan pada akhirnya ada kerusakan pada hardwarenya, dan terlebih jika ada konsleting hubungan arus pendek, maka dari itu setting shut down sangatlah penting.

Itulah tadi informasi mengenai Cara Shut Down Otomatis pada Komputer, semoga dengan adanya informasi kami kali ini anda dapat tidur dengan tenang dan pekerjanpun selesai sesuai dengan yang kita harapkan.