Tips Memilih Power Bank Yang Bagus Dan Kualitas Terbaik

Tips Memilih Power Bank Yang Bagus Dan Kualitas Terbaik – Pada saat sekarang ini semua masyarakat sudah mengenal bahkan kebanyakan dari mereka sudah mengunakan smartphone, smartphone saat ini memnag didesain selalu terhubung dengan internet untuk terus mendapatkan informasi entah itu cuaca atau push email. Apalagi saat ini para provider sudah memberikan paket yang murah dan emiliki banyak kuota untuk smartphone, tak hayal banyak orang selalu onlie dalam jejaring sosial bahkan urusan mengunduh konten di internet.

Jika sudah begitu konsumsi baterai juga semakin cepat habis, paling tidak smartphone harus di charger 1 – 2 kali sehari, maka dari itu para vendor saat ini memberikan solusi dengan menghadirkan charger portable yang biasa kita sebut sebagai power bank. Power bank sendiri memiliki beberapa tipe dan tipe tersebut biasanya dibekali dengan daya yang berbeda pula, semakin mahal biasanya juga daya yang dipakai semakin besar, saat ini memang banyak beredar power bank dengan daya yang besar namun dibekali dengan harga yang sangat murah.

Tips Memilih Power Bank Yang Bagus Dan Kualitas Terbaik

Tips Memilih Power Bank Yang Bagus Dan Kualitas Terbaik

Untuk itu kita harus jeli untuk memilih power bank mana yang layak kita beli yang memang memiliki kualitas yang bagus. Saat ini power bank yang beredar di Indonesia kebanyakan berasal dari China, akan tetapi tidak semua produk dari China jelek. Salah satunya adalah power bank merk Yoobao yang berasal dari China power bank ini dikenal memiliki kualitas yang bagus, akan tetapi sangat di sayangkan jika banyak pihak yang tidak bertanggung jawab memalsukan power bank tersebut.

Sebelum anda menentukan membeli sebuah power bank ada beberapa hal yang harus anda ketahui terlebih dahulu, untuk pembelian power bank hal paling mendasar sekalipun harus anda ketahui, untuk lebih detail yuk kita simak ulasan kami dibawah ini.

1. Kapasitas Power Bank

Hal mendasar pertama adalah dengan mengecek kapasitas Power Bank itu sendiri, hal ini menjadi sangat penting karena dapat melakukan pengisian energy baterai secara maksimal. Kapasitas power bank sendiri bervariasi mulai dari yang berkapasitas rendah sampai dengan yang berkapasitas tinggi. Akan tetapi ada beberapa power bank yang tidak sesuai kapasitas asli dari power bank tersebut dengan kapasitas pada label yang tertera pada power bank tersebut, untuk itu anda harus membeli power bank dengan brand terkenal seperti Xiaomi yang kebanyakan memiliki label dan kapasitas yang sama.

Power bank yang beredar pada umunya memiliki kapasitas 8500 mAh yang dapat anda gunakan untuk charger baterai berkapasitas 2100 mAh maka power bank tersebut akan mampu melakukan pengisian setidaknya 4x charger sampai penuh, sedangkan ada umumnya power bank yang beredar saat ini hanya mampu mengisi penuh 2x atau 1x saja. Powerbank berkualitas biasanya memiliki daya yang setidaknya hampir sama dengan label yang tertera.

2. Kelengkapan Power Bank

Langkah selanjutnya adalah cek apakah power bank tersebut memiliki kelengkapan selayaknya charger power bank. Hal pertama yang harus diperhatikan adalah mencoba terlebih dahulu power bank tersebut dan melihat apakah lampu indicator berjalan normal, konektor, kabel A/C kita dapat mencoba dan cek apakah kabel charger juga sudah lengkap sebelum kita menentukan untuk membeli.

3. Fitur Power Bank

Fitur power bank juga penting kebanyakan power bank yang beredar memiliki fitur yang minim, kebanyakan hanya dibekali dengan fitur lampu penerang saat listrik padam. Padahal ada yang lebih penting seperti misalnya high temperature, overcharging protection dan juga short circuit.

Fitur high temperature sendiri berguna untuk mendeteksi panas berlebih pada smrtphone saat lama di charger, atau bisa kita sebut sebagai proteksi arus daya yang berleihan ke smartphone kita. Biasanya jika baterai sudah penuh namun power bank belum dilepas dan pada akhirnya jika terlalu sering maka baterai bisa melembung dan disinilah peranan dari fitur overcharging protection, fitur ini langsung menghentikan proses charging saat baterai sudah penuh. Sedangkan fitur short circuit protection adalah pengoptialan arus daya saat charging untuk meghindari kebakaran saat pengisian baterai karena hubungan arus pendek.

4. Melihat Voltase Output Power Bank

Dengan melihat Voltase atau tegangan pada power bank kita akan mengetahui tegangan yang masuk ke smartphone kita dan dapat memprediksi kapan selesai charging tersebut. Kebanyakan dai power bank sudah dibekali dengan tegangan 1A dan 2A akan tetapi sebaiknya saat charging sebaiknya anda gunakan kabel USB asli bawaan HP karena dapat menstabilkan tegangan yang masuk pada baterai smartphone anda.

5. Garansi Minimal 1 Tahun

Sebelum membeli power bank sebaiknya lihatlah garansi yang tertera pada power bank tersebut, kebanyakan power bank palsu tidak disertai garansi resmi. Jadi sebelum menentukan membeli power bank sebaiknya teliti dulu garansi resmi paling tidak sudah dibekali garansi 1 tahun.

6. Harga Power Bank

Hal paling penting lagi adalah harga, harga power bank resmi dari Samsung dan Xiaomi dibanderol mahal. Pasalnya sudah dibekali juga dengan garansi resmi dan aksesories resmi pula. Jangan terkecoh dengan harga murah yang pada akhirnya baterai anda malah rusak karena membeli power bank abal-abal dan tidak resmi.

7. Perhatikan Cell Power Bank

Kebanyakan dari pengguna dan calon pembeli power bank tidak memperhatikan Cell dari power bank itu sendiri. Akan tetapi sebaiknya anda memperhatikannya karena cell pada power bank akan berpengaruh pada awet atau tidaknya daya sebuah power bank itu sendiri. Contoh cell yang bagus adalah Japan Cell, Sanyo Cell, Samsung Cell, Xiaomi Cell dan lain-lain.

Sebenarnya masih banyak lagi power bank yang memiliki kualitas bagus seperti Romoss, power bank tersebut juga datang dari China dan power bank tersebut menjadi power bank terlaris di Eropa dilihat dari segi harga dan kualitas yang sangat bagus, akan tetapi power bank merk tersebut di Indonesia masih belum banyak beredar dan di kenal oleh masyarakat Indonesia.

Itulah tadi informasi mengenai Tips Memilih Power Bank Yang Bagus Dan Kualitas Terbaik, dengan hadirnya informasi yang sudah kami haturkan diatas semoga anda tidak lagi kesulitan untuk memilih power bank dengan kualitas terbaik untuk smartphone anda.